. PAUD KOBER: TENTANG PAUD

TENTANG PAUD




LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan salah satu unsur terpenting dalam tubuh dan berkembangnya pemikiran manusia, baik itu yang diperoleh melalui jalur formal atau non-formal. Dengan demikian pendidikan tidak terbatas usia, anak-anak atau orang dewasa bahkan orang yang sudah tua sekalipun, tetap memerlukan pendidikan, terutama masa kanak-kanak yang merupakan masa terpolanya pemikiran.
Pada masa usia dini otak mulai berkembang, sehingga dapat disebut masa emas dikarenakan merupakan dasar bangan otak manusia berawal pada rentang usia 0-4 tahun, sedangkan yapeletak segalanya terkait dengan perkembangannya ke depan, karena 50% perkemng 50% lagi dari 4-18 tahun. oleh karenanya diperlukan stimulus atau rangsangan yang tepat untuk membentuk anak yang berkualitas.
Keluarga adalah tempat paling utama dalam perkembangan anak-anak, orang yang berperan penting dalam lingkungan ini adalah orang tua. Lingkungan lain yang sangat menentukan perkembangan anak adalah lingkungan social, dalam hal ini orang tua bisa mengikut sertakan anak-anak untuk ikut dan masuk dalam kegiatan lembaga pendidikan anak usia dini. Sejalan dengan perkembangan zaman, pendidikan anak usia dini sangat berperan penting dalam membentuk anak-anak dalam hal meletakkan dasar dasar kepribadian yang baik, berperilaku yang benar, meletakkan dasar dasar berpikir cerdas, kreatif dan berprestasi. Semuanya akan menjadi pengarah anak dalam menjalani perkembangan usia berikutnya.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa pendidikan  anak usia dini adalah “Suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui jalur pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalammemasuki pendidikan lebih lanjut” (pasal 1 butir ‘14’)
Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini Albina dirancang dan didirikan untuk membantu dan membina serta mengarahkan anak-anak dengan mengenalkan segala hal yang harus diberikan pada masanya dengan menggunakan media tempat dan alat serta lingkungan bermain yang yang menyenangkan peserta didik, sehingga pada waktunya memasuki usia sekolah tidak lagi memulai melainkan melanjutkan semua yang telah didapat dan diperoleh di PAUD, sebagaimana kurikulum yang ada dirancang untuk berkesinambungan dengan pendidikan sesudahnya.
Pendidikan anak usia dini ALBINA, berusaha mejadi partner para orang tua dalam rangka membantu membimbing dan mengarahkan anak anak untuk berkembang secara benar dalam masanya disertai memberikan aktifitas aktifitas yang mengarahkan anak menjadi anak yang cerdas, aktif, kreatif, sholeh dan selalu ceria. Dan semuanya tidak mesti dengan biaya selangit, melainkan sebenarnya bisa dengan biaya yang bersahabat untuk keluarga Kita.

VISI MISI
Visi:
Mewujudkan Lembaga Kelompok Bermain (Kober) yang berkualitas;
Misi:
1.    Membina anak didik agar shaleh, sehat, cerdas, kreatif dan prestatif;
2.    Menciptakan lingkungan bermain dan belajar yang menyenangkan;
3.    Menjadi partners terbaik bagi orang tua, dalam tumbuh dan berkembangnya anak ;



TUJUAN
Tujuan didirikan pendidikan anak usia dini adalah :
a.    Memberikan pemahaman kepada lingkungan sekitar akan pentingnya pendidikan di usia dini.
b.    Menjadi mitra bagi lingkungan sekitar dalam membantu tumbuh kembangnya anak-anak di usia dini.
c.    Menjadi tempat belajar dan bermain yang menyenangkan.
d.    Meningkatkan minat anak-anak usia dini di lingkungan sekitar untuk belajar dan bermain serta bersosialisasi dengan teman sebayanya, dengan belajar dan bermain yang terarah;

PROGRAM
Program kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini secara umum meliputi dua hal yaitu,
1.    Kegiatan anak didik (bermain dan belajar), dan,
2.    Program pengembangan kelembagaan;
Kegiatan anak didik meliputi proses bermain dan belajar di ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor) dengan semua fasilitas yang ada;
Sedangkan pengembangan kelembagaan meliputi usaha lembaga untuk terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang diberikan kepada anak didik; upaya conselling dengan para orang tua didik sebagai bahan evaluasi perkembangan anak didik, dan upaya lembaga pendidikan dalam meningkatkan sarana prasarana lembaga agar terwujud sarana dan prasarana yang refresentatif.


JADWAL KEGIATAN
Proses kegiatan bermain dan belajar yang rutin dilaksanakan adalah 3 (tiga) kali pertemuan dalam seminggu, hari Selasa, Rabu dan Kamis dengan durasi waktu 90 menit setiap pertemuan. Kemudian ditambah dengan bermain dan belajar outdoor dalam rangka menambah pengetahuan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak didik, dengan waktu yang fleksibel yang dikonsultasikan terlebih dahulu dengan para orang tua;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Game untuk anak shaleh dan pintar